DocterComputer.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara mengatasi Layar Monitor Buram (Resolusi Rendah)


Awal bulan November ini saya pernah mengalami permasalahan ini (seperti gambar di atas), saya sempat berprasangka "waduh monitor ku rusak nih", ternyata eh ternyata saya belum tahu ilmu nya. akhirnya saya memberanikan diri untuk mengetahui masalah ini (dengan browsing, trial and error) akhirnya terjawab lah masalah ini, MAU TAHU? Tempe hehehe...(lanjutin bacanya yah...)


Oke Gan,, ini sebenarnya bukan monitor nya, akan tetapi cuma masalah resolusi monitor saja yang tidak sesuai alias sangat rendah, padahal saya gak merubahnya kok bisa berubah sendiri ya... kemungkinan ada indikasi virus atau kesalahan program yang saya buat waktu itu.


Akhirnya saya mencoba membuka display properties tampak seperti gambar di atas, akan tetapi saya kaget melihat keadaan kok error begini ya... setelah saya OK saya lihat nilai screen resolutionnya sangatlah rendah sekali dan color quality nya cuma 4 bit, bayangkan... kok bisanya seperti ini, baru sekali ini mengalami masalah seperti ini..  (maaf sobat, lupa tidak mengambil screen shootnya).


Dalam pikiran saya ah... gampang .. tinggal menambah Screen resolution-nya saja ntar beres sudah,,, tapi apa yang terjadi?... saya tarik-tarik kok gak bisa ya... wah bisa fatal ini.


tapi tenang saja, coba dulu langkah ini :
  • Coba lihat dulu menggunakan safe mode,  jika hasilnya tidak sama kemungkinan besar bukan karena layar monitornya yang rusak (jelas ini driver VGA-nya)
  • Setelah itu masuk ke windows normal
  • Install Ulang driver VGA nya saja, bukan diformat (install ulang total) lho ya...


lihat gambar dibawah ini setelah saya melakukan install ulang driver...  setelah itu baru rubah screen resolution nya.




semoga bermanfaat ya!!!.....
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Trik and Tips dengan judul Cara mengatasi Layar Monitor Buram (Resolusi Rendah) . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://jcscomputer.blogspot.com/2011/11/cara-mengatasi-layar-monitor-buram.html . Terima kasih!
Ditulis oleh: THE DOCTER COMPUTER -

Post Terbaru




Mau Sharing / Konsultasi silahkan Bergabung di
FB Group Docter Computer